6 TRIK MEMULAI USAHA SALON DENGAN MODAL MINIM

Ayo bagikan sebagai sedekah...

Penata rambut sekarang ini sangat dicari seiring dengan keinginan orang untuk tampil beda dalam setiap waktu. Jika Anda telah memiliki lisensi keahlian menata rambut atau dalam bidang sejenis, naluri bisnis Anda akan memandang usaha salon sebagai peluang bagus untuk menghasilkan uang. Salon rambut yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan yang akan dibahas di lain waktu.

Namun kali ini akan ada beberapa hal yang perlu Anda tahu jika ingin membuka usaha salon tanpa uang. Bukan berarti tidak mengeluarkan uang sama sekali, namun dengan modal sedikit yang Anda miliki akan dimungkinkan pengeluaran minimal untuk keperluan membuka usaha baru. Berikut beberapa saran yang bisa dijalankan jika ingin membuka salon yang baik namun, tidak banyak menghabiskan uang.

1. Perencanaan

Duduklah di suatu tempat yang membuat Anda nyaman, lalu gambarkan rencana bisnis yang diinginkan. Tulislah objek sasaran bisnis Anda, prospek ke depannya serta bagaimana cara menangani bisnis tersebut. Buat spesifikasi rencana bisnis Anda dengan penulisan poin-poin penting yang diperlukan. Lanjutkan dengan mendata barang-barang yang dibutuhkan untuk membuka salon.

Kelompokkan barang mana saja yang sudah dimiliki dan tidak perlu membeli lagi dan barang mana saja yang harus dibeli untuk melengkapinya. Tentukan pula pelayanan seperti apa yang ingin diberikan pada para pelanggan. Pusatkan konsentrasi pada pangsa pasar yang dituju serta target yang ingin dicapai dalam pendapatan. Pikirkan sebuah strategi yang lain dari kebanyakan salon pada umumnya, hal itu akan memberi nilai tambah pada salon Anda.

Artikel pilihan : 23 Produk Viva Cosmetic Khusus untuk Salon Sekarang Bisa Dibeli Secara Online, Ini Daftar Harganya

2. Cari lokasi 

Temukan sebuah lokasi yang Anda pikir ideal untuk konsep salon yang ingin dibuka nantinya. Tempat yang akan dijadikan salon haruslah yang kelihatan dan mudah didatangi. Anda bisa mencari lokasi yang dekat dengan tempat-tempat umum seperti sekolah, kampus, kantor, supermarket atau dimana saja yang banyak orang melewatinya.

Anda bisa merancang salon di pusat-pusat perbelanjaan dimana para wanita yang berbelanja bisa menata rambut mereka setelah melakukan kegiatan mereka. Sekarang ini masyarakat cenderung lebih suka melakukan kegiatan mereka di satu tempat untuk alasan kepraktisan. Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dengan berada di dekat mereka.

3. Pelayanan 

Satu hal yang disukai pelanggan adalah keramahan dan kecepatan. Anda bisa menggunakan hal sederhana ini sebagai modal. Sebagian besar dari mereka datang kembali ke tempat yang sama karena nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Pastikan hasil yang mereka dapat sebagus mungkin, walaupun dengan alat yang sederhana. Anda bisa memasukkan hal ini dalam strategi pemasaran salon baru.

Bisa jadi salon Anda terus berkembang dan membutuhkan karyawan baru. Buatlah semacam  training singkat pada para karyawan baru untuk mengajarkan komitmen serta identitas salon Anda pada para pelanggan. Pastikan mereka siap untuk menghadapi apapun yang bisa terjadi.

4. Organisasi bisnis 

Jadilah anggota dalam organisasi atau komunitas bisnis, dimana orang-orang yang memiliki ide dalam pengembangan usaha berkumpul menjadi satu. Komunitas ini akan menambah pengetahuan Anda mengenai bisnis apapun, yang bisa memberi inspirasi untuk semakin mengembangkan usaha yang sedang dibangun. Merekapun juga dapat memberi saran mengenai pinjaman dana segar untuk menambah modal salon. Selain itu Anda akan mendapat referensi mengenai apa saja yang bermanfaat untuk dicoba.

5. Taksir keadaan keuangan  

Saat Anda mengatakan akan memulai bisnis ini tanpa uang yang maksudnya adalah dengan modal seminimal mungkin, Anda tidak harus menghadapi tuntutan pengeluaran yang besar. Karena itu, buatlah perhitungan untuk presentasi dana dan hitunglah berapa banyak yang disimpan untuk pembukaan tempat usaha yang baru.

Jika tidak ingin terlilit beban atau hutang nantinya, Anda bisa mengandalkan modal sedikit yang Anda punya. Tak perlu meminjam, jika bisa dengan cerdik memanfaatkan semaksimal mungkin yang ada di sekeliling. Jika terpaksa harus beli, maka Anda bisa membelinya di toko yang mengadakan diskon, atau cuci gudang. Semua cara bisa dilakukan, asalkan bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada.

6. Buat permohonan suntikan dana 

Jika Anda benar-benar tidak memiliki modal sama sekali untuk membuka usaha, bisa mengajukan permohonan suntikan dana pada bank ataupun komunitas tertentu yang bertujuan untuk membantu orang-orang yang tidak memiliki modal, namun ingin membuka tempat usaha.

Tunjukkan dan yakinkan kualitas Anda sebagai pebisnis dalam sebuah proposal atau presentasi dan Anda benar-benar tidak mempunyai modal untuk memulainya.Terangkan dengan jelas bisnis yang ingin Anda mulai serta berbagai rincian anggaran dan pendapatan.

7. Atur dan rincikan keuangan 

Buat pengaturan dan rincian keuangan. Simpan pula data-data mengenai pinjaman. Anda tidak boleh menghabiskan modal di luar kemampuan dan hindari pinjaman yang berlebihan. Dalam mengeluarkan dana untuk keperluan apapun harus hemat dan bijaksana, karena Anda baru saja memulainya.

Jika dari awal mula Anda sudah berlebihan dalam belanja kebutuhan dan alat yang diperlukan, kemungkinan besar pendapatan yang akan diperoleh nantinya akan dialokasikan untuk pembayaran utang sepenuhnya, padahal Anda juga harus memenuhi kebutuhan sendiri, biaya operasional, bahkan karyawan Anda yang bisa saja menimbulkan masalah baru nantinya.

Untuk memulai bisnis salon tanpa uang, Anda harus cerdik dan memiliki motivasi yang tinggi. Rencanakan semuanya dengan matang, karena bisa terjadi pembengkakan biaya tak terduga yang disebabkan adanya barang atau kebutuhan salon yang belum terdata. Anda juga bisa meminta saran dari wanita atau pria yang punya rutinitas ke salon. Mereka akan memberi pandangan sebagai konsumen atau pelanggan hal seperti apa yang diinginkan saat mereka ke salon. Datalah saran, keinginan, dan harapan mereka tentang sebuah salon, yang dimana hal tersebut memberi inspirasi yang harus ditambahkan.

Sumber : www.bisnishack.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *