5 Tips Touch Up Makeup Agar Penampilan Kembali Segar dan Flawless

Ayo bagikan sebagai sedekah...

Cantik Itu Gak Harus Mahal! Beli Kosmetik di Viva Official Store

Terkadang, ada situasi di mana kamu diharuskan untuk menggunakan makeup selama seharian penuh. Padahal, jangankan seharian, setelah beberapa jam saja ada beberapa area makeup mulai luntur, kan? Apalagi untuk kamu yang memiliki kulit cenderung berminyak, lebih challenging lagi saat ingin touch up. Jika kamu langsung menimpa makeup yang sudah dipakai sebelumnya dengan produk makeup seperti bedak atau foundation, hasil riasan seringnya malah berakhir cakey dan terasa berat. Namun, menghapus seluruh makeup dan memulainya dari awal akan memakan waktu yang lama kan? Hmm, daripada bingung, yuk contek tips touch up makeup dari 5 YouTuber ternama berikut ini!

1. Siap Sedia Sponge dan Kuas Eyeshadow

Setelah menggunakan blotting paper alias kertas minyak untuk mengangkat minyak pada wajahnya, Tati Westbrook meneruskan cara touch up makeup-nya dalam video YouTube dengan menggunakan sponge yang ia gunakan sebelumnya. Jadi, apabila ia menyelesaikan makeup-nya di pagi hari, ia akan membawa serta sponge yang ia gunakan di pagi itu. Dengan sisa-sisa produk yang tertinggal pada sponge, Tati dapat meratakan makeup-nya yang mulai creasing sekaligus membantu menutupi area foundation yang mulai pudar. Jika kamu ingin menggunakan sponge bersih bisa juga, kok! Sponge ini juga dapat digunakan untuk membersihkan area bawah mata yang kerap luntur atau smudging. Tidak hanya area wajah, area eyeshadow juga kerap kali tampak berantakan karena creasing setelah beberapa jam. Untuk mengatasinya, Tati menggunakan kuas eyeshadow dan membaurkan ulang warnanya.

Artikel pilihan : Cara Memilih Warna Lipstik Yang Sesuai Dengan Warna Kulit Agar Terlihat Lebih Natural

2. Segarkan Wajah dengan Face Mist atau Aplikasikan Sunscreen

Beauty YouTuber yang terkenal dengan skin care routine-nya ini menawarkan dua opsi untuk memulai touch up dalam video YouTube-nya. Cara pertama adalah dengan menyemprotkan face mist agar wajah kembali segar, lalu tepuk perlahan menggunakan tisu untuk mengangkat kotoran. Sedangkan, cara kedua adalah menggunakan sunscreen untuk mengangkat makeup-nya sekaligus digunakan sebagai primer. Nah, jika salah satu dari cara ini sudah kamu lakukan, kamu bisa berlanjut untuk membersihkan riasan mata yang smudging menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi makeup remover. Liah juga memanfaatkan cotton bud sebagai aplikator cushion untuk diaplikasikan ke area mata tersebut.

Artikel pilihan : Tips Cermat Belanja Produk Kecantikan agar Tidak Terbuang Sia-sia

3. Pilih Formulasi Concealer yang Buildable

Dalam video YouTube-nya, Sharon Farell memulai tutorial touch up-nya dengan menggunakan blotting paper untuk mengangkat minyak pada wajahnya. Nah, cara menggunakan blotting paper ini juga perlu diperhatikan, lho! Sharon mengingatkan agar kamu selalu menggunakan blotting paper dengan cara ditekan lalu diangkat, bukan diusap atau ditarik. Gerakan mengusap atau menarik blotting paper yang kerap dilakukan oleh banyak orang ini malah akan menggeser makeup dan membuat foundation menjadi patchy. Tips keduanya adalah dengan menggunakan concealer yang formulasinya buildable atau dapat di-layer di atas makeup pada wajah. Jadi, kamu dapat meratakan kembali foundation yang mulai hilang maupun area bermasalah yang mulai terlihat tanpa merusak makeup yang sudah ada.

Artikel pilihan : 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

4. Manfaatkan beautyblender dan Translucent Powder

Siapa sih yang tidak mengenal Nikkia Joy? Beauty YouTuber yang telah mengunggah sederet makeup tutorial ini memiliki tips yang mungkin terdengar mirip dengan Tati. Bedanya, alih-alih mengangkat minyak pada wajahnya dengan blotting paper terlebih dahulu, Nikkia langsung menggunakan beauty blender yang sudah ia gunakan sebelumnya untuk memperbaiki foundation-nya yang pecah atau patchy dengan cara ditepuk-tepuk perlahan. Selanjutnya, barulah ia menggunakan blotting paper untuk mengangkat sisa minyak yang ada pada wajahnya. Nah, untuk membuat wajahnya tampak kembali matte, Nikkia akan menggunakan translucent powder untuk set seluruh makeup-nya.

Artikel pilihan : 10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami 

5. Menggunakan Cotton Bud untuk Membersihkan Area Bawah Mata yang Creasing

Dalam video tips touch up yang diunggah oleh Emily Noel dalam akun YouTube-nya, ia membagikan beberapa tips yang selalu digunakannya saat ingin membuat makeup-nya tampak kembali segar. Nah, tips pertamanya adalah memanfaatkan cotton bud untuk membersihkan area bawah mata. Emily bercerita bahwa tips ini sangat bermanfaat untuknya yang sering mencoba berbagai produk mata seperti maskara, eyeliner, serta eyeshadow. Tidak semua produk memiliki daya tahan yang sama, jadi saat ada produk yang mulai smudging atau luntur di area bawah mata, Emily memilih untuk menggunakan cotton bud untuk mengangkat produk yang mulai luntur sekaligus membersihkan bagian yang creasing. Triknya adalah menggunakan cotton bud dengan cara ditekan seperti menggunakan kertas minyak, bukan digosok karena hasilnya malah akan merusak makeup di area tersebut.

Sumber : vemale.com

Cantik Itu Gak Harus Mahal! Beli Kosmetik di Viva Official Store

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *